2. Cara Menggunakan AVD ( Android Virtual Device )

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh, jangan lupa berdoa sebelum kita memulai aktifitas. Paling tidak, ya baca bismillah dulu. ...

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan panduan singkat bagaimana cara menggunakan Android Virtual Device atau yang disingkat AVD Manager ini. Langsung saja, kita bahas.


1. Pastikan, android studio anda sudah dijalankan. Silahkan anda pilih icon bergambar (Seperti dibawah) yang bernama AVD (Android Virtual Device) Manager. Atau anda dapat mengaksesnya melalui Tools -> Android -> AVD Manager. 




2. Akan muncul jendela Your Virtual Devices, jendela tersebut berisi informasi Devices yang pernah kita buat secara virtual. Bila, kita tidak pernah membuatnya maka akan kosong. Untuk membuat baru anda bisa memilih Create Virtual Devices. 



3. Muncul jendela Select Hardware, disini anda dapat memilih devices android yang ada. 
Catatan dari saya saja, usahakan ketika anda memilih devices virtual yang ringan dan sesuai dengan kebutuhan anda. Karena, virtual devices tersebut juga membutuhkan RAM sekitar 1 GB minimal.


4. Disini, saya memilih perangkat Nexus 5. Bila, anda mau memilih yang lain silahkan. 
Kemudian pilih, Next. Maka, akan muncul tampilan seperti di bawah ini.


5. Pada tampilan, tersebut anda disuruh untuk memilih sistem operasi dari emulator anda. Silahkkan, anda pilih sistem operasi sesuai keinginan anda. Namun, disini saya menggunakan sistem operasi lollipop yang sudah saya download sebelumnya. Kemudian, pilih next.

6. Pada tampilan selanjutnya, akan muncul jendela Android Virtual Device. Disiniah, kita melakukan pengaturan ukuran device emulator kita dan RAM yang pada emulator kita.


7. Bila, anda selesai melakukan konfigurasi klik next. Maka, kemudian selamat emulator yang anda buat berhasil tersedia. Untuk menjalankannya anda tinggal menekan tombol run yg berwarna hijau.


Share on Google Plus

About irfanwicaksana

Man Jadda Wa Jadda "Siapa " Yang Bersungguh Sungguh Dia Akan Sukses

0 komentar :

Posting Komentar